Senin, 17 Maret 2014

wisata / trip ke danau ciharus garut

Semua bermula dari ajakan kk leli pada hr sabtu malam.. dia ngajak tuk ikutan trip yang diadakan oleh komunitas satu bumi kita atau sabuki. Berhubung aku emang suntuk dan udh lama jg gak ngebolang akhrnya ak memutuskan tuk mw ikut walo ak tw uangku yg tersisa di dompet cm 100 rb. ak sempat ragu cukup gk ya dgn modal 100 rb ksna.Sungguh keputusan mendadak emang. Pdhl event itu diadakan besok hrnya.Kami lgsg konfirmasi keikutsertaan kami ke PJ nya malam itu jg.
Esok hr pun tiba
Sesuai janji ak nemuin kk leli di rshs jam 5.30..kami lgsg naik caheum ciroyom ke meeting point di surapati core
Jam 6 lbh dikit kami nyampe sucor,dsna udh keliatan 3 org lelaki menunggu di gerbang. Kami berkenalan dengan para peserta lainnya,peserta lain mulai berdatangan. Total peserta 10 org.dan sktr jam stgh 7 kami jalan ke terminal caheum tuk naik bus kota jurusan majalaya.Perjalanan ke majalaya memakan waktu sktr 2 jam dgn ongkos 12 rb. Sesampainya di majalaya kami carter angkot menuju pertamina kamojang dengan ongkos 13 rb/org. Kurang lebih sktr 30 menitan kesana dengan jalur menanjak dan berkelok. Di pertamina kamojang kami melihat pipa2 gas dan semburan gas. Dari situ kami hrs jalan kaki menuju danau ciharus krn tdk ada transportasi ksna.
Pas diawal2 kami berjalan kami sempat berhenti bentar bertanya ke pos penjagaan dsana. Kata petugasnya kami akan sampai dsana jam stgh 1an,saat itu jam menunjukkan jam stgh 11.
Dari pos jaga trek nya msh bagus,msh jalan aspal,tp stlh sktr stgh jam kami memasuki gunung dengan jalan yg menanjak dan sempit.sungguh ak gk terbayang bakal kyk gini perjalanannya.yang paling bikin aku gak kebayang adalah kami salah jalur !  saat itu udh hmpir 2 jam kami brjalan tp tak ada tanda2 ada danau,oleh krn itu kami berbalik ke jalur lain,
Kami buka jalur baru, melewati rawa2 yg penuh lumpur. Awalnya ak gk takut, tp stlh 1 jam lbih gk ktemu2 jg ak mulai merasa takut. Krn kuliat disekitarku mulai gelap spt sdh jauh dr kehidupan. Ditambah lg hujan. Ak sempat ngebayangin gmn kalo tdnya kami kesesat beneran,gak ada org yg nemuin kami,ak pun cm berbekal nasi sama telor ceplok,yg brari itu cm ckup buat hr ni aja.
Dalam hati ak Cuma bisa berjalan sambil terus berdoa,”selamatkanlah kami Bapa”
Stlh hampir berjalan stlh 4 jam kami pun mulai melihat adanya danau,dan jg udh terdengar suara motor trail. Lega ak jdnya. Thx God. Dan finally sampailah kami di danau. View nya biasa aja sih. saat sampai ak ngliat kakiku berdarah,ternyata ak digigit lintah. kiri kanan pula itu. sumpah baru kali ini ak digigit lintah.

tp saat disitu ak dpt pengalaman baru,bagi yg lain itu sih udh biasa. kami masak nasi dan lauk trus makan bersama. Pdhl ak udh siapin nasi dan telor ceplok.ak pikir pd bw bekal masing2. disinilah ak merasakn kebersamaan,hbs makan kami tak lupa foto2. jam pun menunjukkan pukul 16,30. kami pun bergegas balik. oh tidak,harus melewati tanjakan, turunan yg smpit lg,..ya walopun gk selama td,krn kami skrg melewati jalur yang benar. Namun tak disangka,kami pun menghadapi cobaan lg. 2 teman kami mbok dan deni hilang di tengah perjalan. kemanakah mereka? trnyata td mereka mengambil jalur yg berbeda,yg lain pd ke cabang A mreka malah ke cabang B, mreka pikir awalnya bakal bertemu di titik yg sama,tp trnyata salah,kami pun menunggu mereka sambil yg lain berteriak dan ada jg yg mencari2. namun krn hr semakin gelap smntr kami gk punya headlamp maka kami pun melanjutakan perjalanan. saat udh sampe di jalan aspal sinyal hp mulai muncul, dan ak pun mencoba menlpon mbok,tp gk ada nada. syukurlah 5 menit kemudian mbok nelpon baik,itu tandanya mereka baik2 aja,katanya dia lgsg ambil jalur yg ke kamojang.

kami pun sampai di pos,kami bebersih krn sdh sangat kotor,apalagi sepatu ak yg kecelup di lumpur,dr warna pink jadi coklat.stlh besih2 kami gk lgsg pulang,kami hrs menunggu 2 tmn kami yg trsesat td, trnyata mereka balik lg ke jalur semula. alhasil stlh menunggu bbrp menit merekapun datang, senang rasanya bs meliat mreka kembali. skrg team kami udh lengkap lg,,saatnya pulang yess...
dan lg2 ada aja tantangan, angkot yg td kami carter tu mw jemput trnyata udh pulang,dy gak mau nnggu lama. kami pun memutuskan berjalan kaki,stdknya dr pada diam saja gk ada hasil.kami berjalan bersama rombongan lain yg td sempat kami temui jg di danau.mereka jg bernasib sama,gak dapat angkutan pulang. sbnrnya saat itu ak dah capek,pegal bgt kaki, cuaca dingi ditambah haus krn gk ada yg punya minum,tp ak mencoba bertahan. mencoba tuk gak mengeluh. ak terus berdoa smoga ada angkutan yg bs kami tumpangi. sktr stgh jam brjalan akhirnya ada truk lewat, kami menyetop truk itu dan bernegosiasi. untunlah supir truk mau mengantar kami ke cilenyi dgn ongkos 20rb per org. tak apalah yg penting gak mesti jalan kaki.gak kebayang ak masih sanggup jaln gk tdnya klo beneran gk dpt angkutan.ini pertama kalinya ak naik truk.ini benar backpecker sejati namanya.

jam 10 nyampe di cilenyi, kami berpisah dgn rombongan yg 1 lg, dan sama sebagian anggota rombongan kami jg spt kk leli,kak leli soalnya mw lanjut ke moh toha. sedangkan ak,fey, mbok,deni,rani,dan 2 akang yg ak gk tw namanya lanjut naik angkot ke arah cicaheum.saat di angkot ak dibilang staminanya kuat. ya sih ak emg ngerasa gk gtu kecapean, tp ak bs gtu jg krn ak dh terbiasa jalan kaki dr kos ke gandok dan melewati tanjakan gang bukit jarian2.di angkot cicaheum ak sempat kwatir,gmn ak pulang ntar ke kos dr gandok, naik ojek apa jalan kaki. klo naik ojek ak takut dilarikan soalnya kn dan malam bgt,tp klo jalan kaki pasti cape bgt. tp akhrnya ak memutuskn naik ojek,krn ak liat di sktr cimbeluit gak terlalu sepi. finally akhirnya ak sampe di kos jam stgh 12 malam.
ak pun lgsg ngitung duit ak yg tersisa,dan ternyata mash tersisa 30rbuan..ya intinya jalan2 kali ini gak nyampe hbs 100 rb. murah bgt kn
ya intinya walopun viewnya biasa aja byk pelajaran dan pengalaman yg kudapat.
1. nambah teman baru
2.kebersamaan
3,keberanian
4.melatih stamina fisik
4. paling enting itu berdoa dan yakin Tuhan slalu beserta kita

"belum tentu apa yg kta kwatirin terjadi, dan belum tentu apa yg kita rencanakan akan berjalan sesuai rencana"
setidaknya ada pengalaman yang bs kuceritakan nantinya ke anak2ku.